12 Bagian Pada Laptop Yang Sering Rusak

 

Bagian-Bagian Laptop Yang Sering Rusak..




Laptop menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian orang apalagi kalau sudah berhubungan dengan pekerjaan tentu akan menganggap penting barang tersebut dan harus dirawat.

Dan lagi apabila sudah sampai terjadi kerusakan sudah pasti pekerjaan akan terganggu, tugas skripsi jadi terhambat karena semua file skripsi ada di laptop, tidak bisa bermain game dan banyak aktifitas terganggu lainnya. Belum lagi setelah di perbaiki ternyata tidak bertahan lama, kalau sudah seperti ini pasti terpikirkan dalam benak kita untuk mencari laptop yang bagus dan tahan lama atau yang tidak gampang rusak.

Maka tak heran, banyak orang memilih laptop dengan spesifikasi yang bagus, mencari merek laptop yang awet dan juga menghindari laptop menjadi lemot ketika di pakai berjam-jam.

Tidak cukup hanya dengan itu, perawatan terhadap seluruh komponen juga harus di lakukan agar tidak cepat rusak walau digunakan terus-menerus. Karena ada beberapa sparepart laptop yang mudah sekali rusak untuk itu perlu dirawat lebih ekstra.

Apa saja sparepart laptop yang sering rusak..? Berikut MJ Computer merangkum berdasarkan pengalaman selama dilapangan.

1. Keyboard Laptop

Keyboard merupakan bagian yang paling sering di gunakan karena cara kerja dari komponen ini harus bersentuhan fisik dengan jari pengguna, posisi sparepart ini juga berada diluar dan mudah sekali terkena debu, air dll. Oleh sebab itu menjadi mudah kotor dan juga mudah rusak.

Keyboard sendiri sebenarnya merupakan serangkaian switch atau saklar yang disusun sedemikian rupa, saklar tersebut saling terhubung meggunakan jalur yang terbuat dari lapisan carbon yang menempel pada plastik yang kemudian outputnya di control lagi oleh EC (Embeded Controller). Biasaya terdapat 3 lapisan, plastik lapisan atas dan bawah memiliki jalur carbon sedangkan lapisan tengah sebagai pemisah.

Karena keyboard ini terbuat dari susunan lapisan plastik dengan jarak pemisah yang sangat tipis dari sinilah yang membuat keyboard laptop mudah rusak.

Penyebab kerusakan keyboard laptop yang paling sering kita jumpai yaitu

Debu
Debu menjadi yang paling banyak menyebabkan keboard rusak, karena debu yang tidak di bersihkan akan menumpuk dan bisa mengganggu posisi tekanan switch sehingga terkadang tombol keyboard jalan terus tanpa di pencet. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas atau sikat, kemudan sedot menggunakan vacum cleaner

Lembab

Setelah tadi terkena debu apabila kedinginan debu ini akan menjadi lembab sehingga mengakibatkan jalur keyboard putus karena korosi, karena keyboard ini dialiri tegangan 3volt yang tentu apabila ada jalur yang Lembab bisa menyebabkan short / konslet yang mengakibatkan tombol mati, lembab juga bisa menumbuhan jamur yang tidak terlihat sehingga jalur konslet. Untuk mengatasi lembab ini bisa menggunakan penyerap kelembapan seperti cilica gel bisa di taruh dalam tas laptop, hindari meletakan laptop di tempat yang dingin, dengin menjadi penyebab munculnya jamur di sela2 plastik sehingga jalur konslet.

2. Baterai

Baterai merupakan bagian yang penting pada laptop karena inilah yang membedakan laptop dan desktop. Dengan adanya baterai mobilitas laptop menjadi lebih mudah meskipun tanpa baterai laptop tetap bisa dijalankan menggunakan charger akan tetapi mobilitasnya terbatas.

Baterai laptop terdiri dari beberapa cell baterai yang di sususun secara seri dan paralel untuk menghasilkan tegangan tertentu dengan di bantu oleh BMS (battery Management System).

Cell baterai laptop untuk model lama paling banyak menggunakan baterai 18650, tipe baterai ini memiliki life cycle 500 kali, jadi apabila baterai sudah di cas mencapai 500 kali maka akan mengalami penurunan kualitas baterai. Begitu juga dengan BMSnya yang mana di dalamnya terdapat program yang mengatur arus keluaran dari baterai yang juga bisa mengatur life cycle dari betrai tersebut.

Lalu bagaimana kalau memperbaiki baterai laptop..?

Memperbaiki baterai laptop sebenarnya bisa tetapi membutuhkan alat penunjang yang harganya tidak murah, dan tidak cukup hanya dengan mengganti cell baterai yang drop. Karena di BMS ada program yang mengenali cell baterainya.. jadi apabila menganti cell baterai maka BMS harus di program ulang atau di reset dan membutuhkan alat yang harganya jutaan. Belum lagi apabila sampai BMSnya terprotect kerana melepas cell baterai dari BMSnya kalau sampai protect maka harus beli baterai baru.

Jadi beberapa pabrikan baterai mengatur supaya baterai di buat memiliki life cycle dan proteksi ya tentu saja ini berhubungan dengan bisnis. Karena hal tersebut baterai pling cepet bisa tahan 1 – 2th atau kalau lagi bagus bisa awet sampe 5th lebih.

3. DVD Drive

DVD Drive merupakan alat untuk membaca data yang terdapat pada piringan disk. Ini merupakan teknologi lama yang kini mulai di tinggalkan karena sudah tergantikan oleh flash drive atau penyimpanan memory lainnya. DVD pada beberapa tahun belakangan oleh kalangan masyarakat di lihat untuk membedakan antara laptop notebook dan netbook.

Kerusakan DVD Drive terdapat pada optiknya, optik ini yang berfungsi mengarahkan sinar infamerah untuk membaca data pada piringan disc apabila mengalami kerusakan ini akan mengakibatkan optik tidak bisa membaca piringan karena sinar menjadi tidak terfokus dengan benar

4. Layar LCD/LED

Layar laptop menjadi salah satu sparepart yang sering rusak, kerusakan pada layar memiliki sebab yang bermacam-macam yang paling sering adalah karena faktor kesalahan pada manusianya seperti laptop terjatuh, di injak atau tertekan di dalam tas.

Kerusakan layar tersebut seperti layar bergaris, munculnya dead pixel, munculnya jamur pada layar, layar putih di pojokan, gambar terbagi menjadi beberapa bagian, lampu layar mati dll.

Kerusakan-kerusakan diatas sebagian sulit untuk di perbaiki jadi solusinya adalah mengganti layar dengan yang baru.

5. Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpanan semua data dari operating system sampai data pribadi tersimpan disini. Keruskaan hardisk bisa sangat merugikan karena berakibat kehilangan data. Salah satu kerusakan yang paling sering dijumpai adalah badsector, ini merupakan peristiwa adanya kerusakan pada sisi sector piringan sehingga sensor tidak bisa membaca sector tersebut.

Hardisk sendiri juga merupakan teknologi lama dan sekarang sudah ada penggantinya yaitu SSD (Solid State Drive). Di dalam hardisk terdapat sebuah susunan piringan disk bisa 1 piringan atau lebih tergantung kapasitasnya dan terdapat sensor optik yang membaca piringan disk tersebut. Satu hal yang perlu di perhatikan pada hardisk yaitu sensitif terhadap benturan.

Berikut kita jelaskan beberapa hal yang harus kita hindari karena bisa menyebabkan hardisk rusak:

- Laptop Kena getaran
Hindari laptop kena getaran, ini sering sekali dilakukan secara tidak sadar oleh para pengguna laptop seperti menggantung laptop pada motor, menaruh laptop dibagasi belakang mobil. Getaraan pada laptop yang terjadi secara terus menerus sangat bisa mengakibatkan hardisk rusak bahkan semua bagian pada laptop sangat bersiko rusak dan yang paling fatal laptopnya mati.

- Mematikan Laptop Secara Paksa
Hindari mematikan laptop secara paksa kecuali memang harus dilakukan, tapi apabila dilakukan keseringan tentu sangat bisa merusak hardisk, bagaimana bisa? Bisa karena ketika hardisk sedang bekerja sensor optik mengembil data dengan posisi yang berpindah-pindah ketika laptop di matikan paksa maka sensor tersebut akan di tarik paksa ke posisi awal sehingga terjadi benturan yang bisa mengakibatkan sensor rusak.

- Laptop Mati Mendadak
Laptop mati mendadak ini sering sekali terjadi hal ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya laptop kepanasan, Baterai drop, tegangan listrik drop. Jika kondisi ini sering terjadi bisa di pastikan hardisk rusak.

- Laptop kepanasan
bisa berakibat laptop mati mendadak hal ini merupakan sistem proteksi over heating pada mainboardnya. Apabila ini terjadi terlalu sering maka hardisk bisa jadi korban dan yang pling fatal laptop mati. Bila kondisi ini terjadi segera dibawa ke tempat service laptop seperti Mj Computer untuk segera di lakukan pemeriksaan.

- Baterai drop
Litrik dari baterai drop bisa mengakibatkan laptop mati mendadak, baterai drop terjadi karena kapasitas baterai sudah tidak sesuai dengan kemampuan baterai yang sebenarnya, misalnya baterai jika sudah 50% di pakai tiba-tiba mati ini menandakan baterai drop, yang seperti ini sebaiknya baterai di ganti. Di MJ Computer banyak tersedia Baterai baru original yang tentu harganya terjangkau dan bergaransi.

- Tegangan Listrik Drop
Hal ini bisa mengakibatkan laptop langsung mati ketika tegangan listrik PLN drop atau mati, kondisi ini biasanya para pengguna laptop dengan baterai yang sudah rusak yang  penggunaanya harus memakai adaptor / charger terhubung ke listrik PLN.

6. Mainboard
Mainboard merupakan papan utama pada suatu komputer karena terdapat serangkaian elektronik dengan ribuan komponen terpasang. komponen utama seperti processor, ram, chipset, EC menempel secara permanen pada mainboard. 

Mainboard menjadi bagian pada laptop yang sering rusak, kerusakan pada mainboard bisa di kategorikan ringan sampai berat, seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa terdapat banyak komponen pada mainboard jadi kerusakan mainboard biasanya disebabkan oleh salah satu atau lebih pada komponen tersebut.  

Kerusakan ringan pada mainboard maksudnya adalah kerusakan yang mudah diperbaiki bagi teknisi yang sudah berpengalaman tentunya. contoh kerusakan ringan seperti ganti capasitor yang short, flash bios, ganti mosfet, over heat dll.

Kerusakan berat pada mainboard bisa diartikan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses perbaikannya, bisa juga dimaksudkan kerusakan pada komponen yang mahal seperti chipset, processor, VGA. Atau kerusakan yang sulit diperbaiki karena fator tertentu sehingga solusi lain adalah menganti mainboard dengan yang baru.

Penyebab kerusakan pada mainboard secara umum tidak dapat diprediksi selain kesalahan dari penggunanya, karena masing-masing komponen pada mainboard memiliki kualitas yang berbeda-beda

7. Touchpad
Touchpad merupakan alat penunjuk yang bisa mengatur gerakan dan posisi jari pengguna kesuatu posisi pada layar komputer, dengan adanya touchpad penggunaan laptop menjadi lebih mudah.
Touchpad menjadi rusak yang paling sering terjadi biasanya setelah dilakukan pembongkaran, mengakibatkan kabel flexible touchpad putus, soket kabel rusak. sedangkan penyebab kerusakan lain bisa karena driver tidak sesuai atau memang sensor touchpadya yang telah rusak. 

Mengatasi touchpad yang tidak berfungsi setelah pembongkaran
  • pastikan kabel flexible dalam kondisi bagus, apabila rusak segera ganti
  • coba masuk ke windows apakah touchpad sudah berfungsi? apabila belum
  • coba masuk ke bios, kemudisan reset bios ke default kemudian simpan dan restart
  • dari sini setelah masuk windows harusnya touchpad sudah normal kembali
  • apabila belum normal kamunkinan ada kerusakan pada mainboard atau sensor touchpadnya 
8. RAM Memory
Ram pada laptop menjadi komponen yang sangat penting karena kerusakan ram bisa mengakibatkan laptop tidak tampil, kerusakan ram secara umum tidak dapat diprediksi akan tetapi kerusakan ram akibat kesalahan pengguna sering terjadi biasanya pemasangan ram kurang pas, ram tidak sesuai standar pada laptopnya misalkan laptop dengan ram sodim ddr3 di pasang ram sodim ddr3l ini tentu tidak sesuai yang bisa berakibat fatal. 
 
9. Fan Heatsink
Fan atau kipas berfungsi membuang panas processor atau vga melalui pipa heatsing, apabila kipas mati maka panas pada heatsing tidak terbuang yang berakibat overheat atau kepanasan. Apabila sampai overheat laptop bisa mati mendadak. Kerusakan fan paling sering disebabkan oleh debu yang menumpuk sehingga membuat motor menjadi terhambat putarannya dan mengakibatkan motor mati. solusi untuk fan rusak adalah mengganti fan dengan yang baru yang tentu harus sesuai tipe laptopnya.

10. Charger
Charger atau adaptor merupakan sumber daya untuk mensuplai tegangan pada laptop dan juga untuk pengisian baterai laptop, Charger menjadi komponen yang sering rusak seperti kabel AC putus, kabel Dc out putus, adaptor mati. Kabel putus biasanya disebabkan karena kabel di gulung terlalu dekat dengan ujungnya hal ini berlaku pada kabel AC dan kabel DC outnya. untuk kabel AC yang putus bisa diganti dengan yang baru tetapi kabel DC out yang putus solusinya harus disambung manual dengan alat bantu solder. Adaptor atau charger yang mati biasanya susah untuk di perbaiki jadi solusi mudahnya ganti dengan yang baru. 

11. Flexible LCD
Kabel Flexible LCD menjadi komponen yang sering terjadi kerusakan, biasanya disebabkan karena kabel karatan, atau kabel ada yang terjepit sehinga putus di tengah. kerusakan kabel flexible sulit untuk di perbaiki karena kabel tersebut merupakan susunan dari banyak kabel yang di bungkus menjadi satu.

12. Casing
Casing laptop menjadi bagian yang paling sering rusak karena fungsinya sebagai wadah dan pelindung bagi komponen laptop didalamnya. kerusakan casing yang paling umum seperti cat pada casing yang memudar karena gesekan dengan benda lain, rusak pada bagian tempat engsel, tempat baut patah, frame lcd retak karena sering buka tutup. kerusakan akibat kesalahan penguna biasanya pecah karena terjatuh dll.
 
Beberapa kerusakan pada casing laptop masih bisa di perbaiki tetapi kadang tidak bertahan lama seperti memperbaiki tempat baut engsel. Beberapa tipe laptop yang hampir dipastikan mengalami kerusakan pada tempat baut engsel seperti dari Toshiba C800 series, Acer 722, lenovo G40 series, Axioo MNV.

Solusi terbaik memang mengganti casing, tetapi casing laptop tidak ada yang jual baru dan casing bekasnya pun seperti seri disebutkan diatas terkadang menjadi rebutan karena memang barangnya susah dan kalo adapun terkadang  kondisinya kurang bagus. 

Bagian  lain pada laptop yang sering rusak adalah Speaker, kerusakan speaker paling sering terjadi adalah suara menjadi sember atau suara pecah biasanya diakibatkan karena volume suara terlalu keras ketika dimainkan, sebab lainnya adalah rusaknya membran speaker karena lembab dan jamur ini biasanya terjadi pada speaker yang membrannya terbuat dari karet karena setelah pemakaian beberapa tahun karet ini akan rusak. 

Solusi kerusakan sepaker laptop tentu mengganti sparepart tersebut, akan tetapi speaker internal laptop tidak ada yang jual baru kalaupun ada biasanya bekas. Solusi lain adalah mengganti speaker dengan universal speaker tetapi hasilnya terkadang kurang memuaskan dan pemesangannya perlu modifikasi supaya bisa terpasang dengan sesuai. 

Itulah beberapa rangkuman mengenai bagian-bagian laptop yang sering rusak versi kami MJ Computer, semoga bisa menjadi bahan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Data ini akan kami update bila ada perkembangan terbaru. 

Apabila lapop anda mengalami kendala dan membutuhkan sparepart laptop bisa menghubungi kami MJ Computer, karena kami spesialis penyedia sparepart laptop seperti keyboard, Baterai, Adaptor, LCD/LED dengan kualitas terbaik dan bergaransi. 

Posting Komentar untuk "12 Bagian Pada Laptop Yang Sering Rusak"