Mengatasi Touchpad Laptop tidak berfungsi dengan mudah

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi


Touchpad Laptop tidak berfungsi

Touchpad merupakan alat penujuk dengan sensor sentuh yang bisa membaca posisi jari yang outputya berupa penunjuk yang di tampilkan ke layar dan memiliki fungsi yang sama dengan Mouse pada komputer desktop. Secara fungsi touchpad memang bisa di gantikan dengan mouse tetapi apabila sampai rusak maka akan menjadi nilai minus pada laptop tersebut, jadi bagaimana mengatasinya bila hal itu sampai terjadi berikut MJ Computer jelaskan berdasarkan pengalaman selama dilapangan.

inilah beberapa hal yang mengakibatkan touchpad pada laptop tidak berfungsi

  1. Keyboard 
  2. Flexible Touchpad
  3. Driver
  4. Bios

1. Keyboard

Bagian pertama ada pada keyboard, yang menyebabkan touchpad tidak berfungsi atau berfungsi tapi tidak sensitif bisa di sebabkan karena keyboard yang error. kerusakan pada keyboard bisa di sebabkan karena kotor atau jamur yang kemudian berpengaruh pada touchpad. 
Hal lain yang membuat touchpad tidak berfungsi adalah tombol fungsi FN. Tombol FN pada keyboard berfungsi sebagai ON / OFF touchpad apabila tombol ini rusak bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi.

2. Flexible Touchpad

Flexible Touchpad , touchpad yang tidak berfungsi bisa karena kabel flexible tidak terhubung dengan benar ke mainboard bisa karena kotor atau putus, dan apabila karena kotor cukup dibersihkan seharusnya bisa normal kembali tapi apabila kerena putus kabel biasanya disebabkan karena sering bongkar pasang pada casing laptop atau bisa juga karena kabel berkarat karena sudah terlalu lama maka harus ganti kabel flexiblenya. 

touchpad laptop


3. Driver Touchpad

Driver Touchpad, di beberapa laptop seri baru ketika instal OS touchpad tidak berfungsi  karena Driver belum  terinstal, driver ini merupakan program yang mengatur komunikasi antara hardware dengan OS (Operating Sistem ) jadi apabila driver belum terpasang touchpad belum dikenali oleh sistem OS.

4. Bios

Bios (Basic Input Output Sistem) Di beberapa seri laptop tertentu touchpad yang tidak berfungsi bisa disebabkan karena bios, ini merupakan sistem yang mengatur kasiapan hardware secara keseluruhan, jadi ketika sebuah komputer dinyalakan Bios inilah yang mengatur hardware setelah siap baru di serahkan ke OS. Namun ketika ada sedikit perubahan seperti ketika menyalakan mainboard laptop tanpa touchpad bios akan membaca touchpad tidak ada, akan tetapi ketika touchpad kembali dipasang kemudian masuk OS touchpad tetap tidak berfungsi maka yang harus di lakukan adalah masuk ke bios kemudian RESET BIOS atau setup ke Default dan save.

itulah beberapa hal yang paling mudah apabila terjadi kerusakan pada touchpad laptop semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Apabila laptop anda mengalami kendala dan membutuhkan sparepart laptop bisa menghubungi kami MJ Computer, karena kami spesialis penyedia sparepart laptop seperti keyboardBateraiAdaptorLCD/LED dengan kualitas terbaik dan bergaransi. 

Posting Komentar untuk "Mengatasi Touchpad Laptop tidak berfungsi dengan mudah"