Cara Bypass Persyaratan Windows 11 Menggunakan Rufus

Windows 11 masih memiliki persyaratan minimum TPM 2.0 dan Secure Boot untuk dapat berjalan pada sistem apa pun. Setelah diluncurkan, para penggemar dengan cepat menemukan trik untuk melewati kedua persyaratan tersebut dan menginstal sistem operasi tanpa kesulitan.

Bahkan, terdapat file ISO Windows 11 yang sudah dimodifikasi yang dapat melewati kedua persyaratan sebelum instalasi. Namun, Rufus memiliki solusi yang lebih baik. Ini dapat membantu Anda mempersiapkan media instalasi Windows sambil melewati persyaratan ini dan menambahkan lebih banyak modifikasi. Ingin tahu lebih banyak? Mari kita mulai.

Mengapa Rufus adalah Tools yang Tepat untuk Tugas Ini?

Pada Rufus versi 3.2 dan di atasnya, Anda dapat membuat media bootable Windows 11 yang dimodifikasi. Menariknya adalah bahwa Rufus dapat menghilangkan persyaratan RAM 4GB, TPM 2.0, dan Secure Boot saat membuat  USB bootable.

Selain itu, Rufus juga dapat menghilangkan persyaratan menjengkelkan untuk masuk menggunakan Akun Microsoft sebelum mengatur PC Windows 11 Anda. Kedua persyaratan ini menghalangi banyak pengguna untuk mencoba Windows 11, tetapi Rufus sekarang dapat melewati keduanya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonfigurasi Rufus untuk membuat  USB bootable.

Selain dua modifikasi ini, Rufus juga dapat mempercepat proses instalasi dengan menghindari halaman pengaturan pelacakan, menonaktifkan enkripsi BitLocker, dan mengatur opsi bahasa dan wilayah yang sama seperti komputer yang Anda gunakan untuk membuat  USB bootable. Jadi, Anda dapat menyiapkan  bootable Windows 11 yang membutuhkan waktu lebih sedikit untuk diinstal dan diatur pada sistem baru.

Cara Baypass Persyaratan Windows 11 Menggunakan Rufus

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh versi terbaru Rufus. Ini tersedia di Microsoft Store, GitHub, dan bahkan memiliki situs web resmi di mana mereka memposting rincian tentang rilis baru dan yang akan datang. Kami menyarankan Anda untuk mengunduh versi portabel Rufus untuk menghindari proses instalasi . Anda juga memerlukan versi terbaru file ISO Windows 11. Kunjungi halaman web resmi Microsoft dan unduh file ISO dari sana.

Setelah mengunduh versi portabel Rufus, ulangi langkah-langkah berikut:

1. Buka folder unduhan dan double-click pada Rufus untuk menjalankan alat tersebut.

2. UAC akan muncul. Klik tombol Ya untuk melanjutkan.

3. Masukkan  USB ke dalam sistem Windows 11 Anda. Pastikan bahwa  USB memiliki kapasitas 8 GB atau lebih. Rufus akan secara otomatis mengenali  USB tersebut.

4. Klik tombol Pilih di bagian Pemilihan Boot. Telusuri komputer Anda untuk file ISO dan pilih.

5. Selanjutnya, klik opsi Skema Partisi. Pilih MBR jika Anda ingin menggunakan  USB ini pada sistem dengan BIOS atau UEFI. Biarkan sistem Target dan skema partisi tidak tersentuh jika Anda berencana menggunakan  USB bootable ini pada sistem UEFI. 

Cara Baypass Persyaratan Windows 11 Menggunakan Rufus
Rufus


6. Beralihlah ke bagian bawah jendela Rufus dan klik tombol Mulai.

7. Sebuah kotak Pengalaman Pengguna Windows akan terbuka. Di sini, Anda dapat menerapkan semua penyesuaian yang Anda inginkan pada  USB bootable Windows 11. Klik pada kotak centang di depan opsi Hapus persyaratan RAM 4GB+, Secure Boot, dan TPM 2.0.

8. Demikian pula, pilih kotak centang Hapus persyaratan untuk akun Microsoft online dan kotak centang Matikan pengumpulan data (Lewati pertanyaan privasi). 


9. Klik tombol OK. Rufus akan menghasilkan peringatan tentang penghapusan semua data pada  USB.

10. Terakhir, klik tombol OK dan tunggu Rufus membuat  USB bootable Windows 11. Keluarkan  setelah Anda melihat pesan "Siap".

Manfaat Menggunakan Rufus untuk Membuat USB Bootble Windows 11

Rufus bukan hanya cara untuk melewati persyaratan ketat Windows 11 pada sistem yang tidak didukung. Ini juga dapat membantu Anda menghindari jalur yang sangat panjang yang dipaksakan oleh pengaturan Windows 11 saat menginstal sistem operasi. Memaksa pengguna untuk mendaftar atau masuk menggunakan Akun Microsoft, mengunduh dan menginstal pembaruan, dan tidak membiarkan mereka melanjutkan instalasi Windows tanpa koneksi internet berakhir merusak pengalaman pengguna.

Selain itu, pengaturan privasi dan pelacakan yang membingungkan menghabiskan satu halaman penuh. Anda perlu menonaktifkan enam hingga delapan toggle untuk tidak ikut serta, dan harus berurusan dengan pop-up seperti Microsoft 365 dan Xbox GamePass.

Namun, Anda dapat menghindari semua hal tersebut dengan memilih kotak centang Matikan pengumpulan data (Lewati pertanyaan privasi) di Rufus. Jika Anda ingin menjaga nama PC dan pengaturan wilayah pada sistem tujuan sama dengan sistem utama Anda, Anda dapat memilih kotak centang Atur opsi regional ke nilai yang sama seperti pengguna ini dan Buat akun lokal dengan kotak centang nama pengguna.

Namun, Anda perlu menyiapkan PIN baru jika Anda berencana untuk mewarisi nama pengguna dan opsi wilayah yang sama seperti komputer Windows utama Anda. Jika tidak, Anda tidak akan bisa masuk.

Instalasi Windows 11 Tanpa Hambatan dengan Rufus

Rufus dapat membantu Anda membuat  bootable Windows 11 kustom yang melewati semua persyaratan dan halaman pengaturan yang tidak perlu. Ini jauh lebih baik daripada menggunakan file ISO yang dimodifikasi dengan keamanan yang diragukan. Plus, Anda tidak perlu membayar sepeser pun karena Rufus sepenuhnya open-source.

Posting Komentar untuk "Cara Bypass Persyaratan Windows 11 Menggunakan Rufus"